ISTRI DIBUNUH KARENA BEKERJA

KABUL, KOMPAS.com — Seorang pria Afganistan menikam hingga tewas istrinya hanya karena perempuan itu bekerja untuk sebuah organisasi nonpemerintah (LSM), kata polisi setelah menangkap si tersangka di Provinsi Herat, di sebelah barat negara itu.

“Kulsoom ditikam delapan kali oleh suaminya pada Jumat (19/10) sore karena dia bekerja,” kata Noor Khan Nekzad, juru bicara polisi Provinsi Herat, kepada AFP. “Kami telah menangkap pembunuh itu, Abdul Rahim, yang membunuh istrinya,” kata Nekzad.

Pasangan tersebut telah menikah selama enam tahun dan punya dua anak.

Pembunuhan itu terjadi hampir seminggu setelah seorang perempuan berusia 20 tahun, Mah Gul, dipenggal di provinsi yang sama oleh mertuanya sendiri setelah perempuan itu menolak untuk melakukan prostitusi.

Abdul Qader Rahimi, direktur regional komisi hak asasi manusia yang didukung pemerintah di Afganistan bagian barat, mengatakan, kekerasan terhadap perempuan meningkat secara dramatis di wilayah itu baru-baru ini. “Tak ada keraguan bahwa kekerasan terhadap perempuan meningkat. Tahun ini saja, sejauh ini kami mencatat 100 kasus kekerasan terhadap perempuan di wilayah barat,” katanya. Ia menambahkan, banyak kasus yang tidak dilaporkan.

Tahun lalu, dalam kasus yang menjadi berita utama internasional, polisi menyelamatkan seorang gadis remaja yang dipukuli dan dikurung di toilet selama lima bulan setelah gadis itu menantang mertuanya yang mencoba untuk memaksa dia menjadi pekerja seks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: