KONTRADIKSI QS 29 AL-`ANKABUT 14 UMUR NABI NUH

Membandingkan kisah Nuh dalam Alkitab dan Qur’an, orang akan mendapatkan hal demikian:

Kejadian 9:28-29
Nuh masih hidup tiga ratus lima puluh tahun sesudah air bah.
Jadi Nuh mencapai umur sembilan ratus lima puluh tahun, lalu ia mati.

QS 29 Al-`Ankabut 14
Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, maka ia tinggal di antara mereka seribu tahun kurang lima puluh tahun. Maka mereka ditimpa banjir besar, dan mereka adalah orang-orang yang zalim.

Jelaslah, Muhammad mendengar tentang umur Nuh yang 950 tahun, tapi bisa jadi Muhammad salah mengerti atau ingatannya hilang alias lupa ketika dia memasukkan informasi ini dalam Qur’an. Yang jelas dia pikir umur Nabi Nuh 950 tahun disaat terjadi air bah.

Surat 29 Al-`Ankabut 14 punya struktur urutan yang jelas:
1. Kami utus Nuh kepada Kaumnya,
2. Dia tinggal diantara mereka 1000 tahun minus 50 tahun,
3. Air Bah menimpa mereka dan mereka adalah orang-orang lalim.

Mereka pada kata “di antara mereka” dalam bagian kedua ayat ini mengacu pada ‘kaumnya’ dalam bagian pertama. MANA MUNGKIN Nuh masih bisa tinggal diantara mereka setelah mereka dihancurkan oleh banjir? Jadi 950 tahun yang disebutkan pastilah waktu yang dimaksud sebelum banjir, karena tidak mungkin selama dan setelah banjir Nuh masih berada diantara kaumnya.

Dan begitu pulalah pengertian banyak penerjemah Qur’an mengenai ayat ini:

Terjemahan Maulvi Sher Ali:
And We certainly sent Noah to his people, and he dwelt among them a thousand years save fifty years. Then the deluge overtook them, while they were wrongdoers.

Terjemahan Muhammad Sarwar:
We sent Noah to his people and he lived with them for nine hundred and fifty years, then the flood engulfed them for their injustice.

Terjemahan Dr. Rashad Khalifa, Ph.D.:
We sent Noah to his people, and he stayed with them one thousand years, less fifty. Subsequently, they incurred the flood because of their transgressions.

Terjemahan Muhammad Farooq-i-Azam Malik:
We sent Noah to his people and he lived among them a thousand years less fifty. Then because of their wrongdoings the flood overtook them.

Terjemahan Prof. Shaykh Hasan Qaribullah:
Indeed, We sent Noah to his nation, and he lived amongst them for a thousand years, less fifty (but they belied him), then the Flood seized them while they were harmdoers.

Terjemahan Muhammad Asad:
And, indeed, [in times long past] We sent forth Noah unto his people, and he dwelt among them a thousand years bar fifty; and then the floods over­whelmed them while they were still lost in evildoing:

Menariknya, kesalahan Qur’an ini berhubungan dengan fakta bahwa Qur’an tidak bercerita apapun tentang Nuh SETELAH banjir besar itu. Kisah Qur’an MENDADAK BERHENTI disaat turun perintah ALLAH untuk keluar dari kapal/bahtera Nuh.

Kisah dalam Kejadian 9, khususnya tentang Perjanjian yang dibuat Tuhan dengan Nuh dan Umat Manusia, tidak ada dalam Qur’an. Pokoknya dalam Qur’an itu kisah Nuh STOP/BERAKHIR dengan BANJIR BESAR. Aneh! Belum lagi keanehan ALLAH dalam ayat-ayat lainnya tentang Nuh yang punya anak cucu.

Malahan, jika kita telaah lagi formulasi QS 29 Al-`Ankabut 14 ini, kita bisa mendapat kesan lebih gila lagi bahwa 950 TAHUN yang disebutkan itu tidak termasuk umur Nuh DISAAT TERJADI BANJIR BESAR, tapi LAMA WAKTU DIA TINGGAL DIANTARA KAUMNYA, dimana dia diperintahkan untuk memperingatkan mereka akan hukuman yang akan datang. Jadi, berapa umur NUH SEBELUM TINGGAL DIANTARA KAUMNYA? Berapa lama sejak Nuh lahir hingga dia diperintahkan untuk tinggal diantara kaumnya?

Jadi, kita punya “GARIS WAKTU QUR’AN” sebagai berikut:

?   tahun 950 tahun   ?         tahun
L———-N———-BB———-M

L  = Lahirnya Nuh
N  = Dipanggil jadi Nabi
BB = Banjir besar
M  = Matinya Nuh

Yang pasti yang sudah jelas adalah: MUHAMMAD SALAH MENETAPKAN WAKTU HIDUP NUH!

Hidup 950 tahun saja sudah tidak wajar, terus mau ditambahkan beberapa tahun lagi? Ngawur kabeh!

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: