AYAT QUR’AN DAPAT DI PESAN

Umar menyuruh Muhammad untuk menurunkan 3 ayat:

Sahih Bukhari, Volume 1, Book 8, Number 395:

Diceriterakan oleh ‘Umar (bin Al-Khattab):

Tuanku setuju dengan ku akan tiga hal:

1. Aku berkata, “O Rasul Allah, aku berharap kita menjadikan makam Ibrahim sebagai tempat kami salat (untuk memanjatkan doa kita). Maka datanglah Inspirasi Ilahi: Dan bawalah mereka ke makam Ibrahim sebagai tempat untuk salat (untuk memanjatkan doa kita e.g. 2 Rakat dari Tawaf Kakbah)”. (QS 2:125)

2. Dan sehubungan dengan (ayat) kerudung bagi wanita, aku berkata, ‘O Rasul Allah! Aku berharap Tuan memerintahkan istri-istrimu untuk menutup diri dari pria karena yang baik dan buruk berbicara dengan mereka. “Maka turunlah ayat kerudung bagi wanita.

3. Setelah istri-istri Nabi membuat sebuah front bersatu melawan Nabi dan aku berkata kepada mereka, ‘Mungkin jika ia (Nabi) menceraikan kamu, (semua) Tuhannya (Allah) akan menggantikan dengan istri-istri yang lebih baik dari kalian. “Jadi turunlah ayat ini (sama seperti yang saya katakan).” (QS 66:5)

======

QS 2 Al-Baqarah 125
Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: “Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i’tikaf, yang ruku’ dan yang sujud”.

QS 33 Al-‘Ahzab 53
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah-rumah Nabi kecuali bila kamu diizinkan untuk makan dengan tidak menunggu-nunggu waktu masak (makanannya), tetapi jika kamu diundang maka masuklah dan bila kamu selesai makan, keluarlah kamu tanpa asyik memperpanjang percakapan. Sesungguhnya yang demikian itu akan mengganggu Nabi lalu Nabi malu kepadamu (untuk menyuruh kamu keluar), dan Allah tidak malu (menerangkan) yang benar. Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (isteri-isteri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. Dan tidak boleh kamu menyakiti (hati) Rasulullah dan tidak (pula) mengawini isteri-isterinya selama-lamanya sesudah ia wafat. Sesungguhnya perbuatan itu adalah amat besar (dosanya) di sisi Allah.

QS 66 At-Tahrim 5
Jika Nabi menceraikan kamu, boleh jadi Tuhannya akan memberi ganti kepadanya dengan isteri yang lebih baik daripada kamu, yang patuh, yang beriman, yang taat, yang bertaubat, yang mengerjakan ibadat, yang berpuasa, yang janda dan yang perawan.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: