AFGANISTAN: 41 ANAK-ANAK CALON PEMBOM BUNUH DIRI DISELAMATKAN

KABUL: Pemerintah Afganistan mengatakan hari Senin bahwa polisi telah menyelamatkan 41 anak dari menjadi pelaku bom bunuh diri sebagai mereka akan diselundupkan melintasi pegunungan ke Pakistan.

Juru bicara kementerian dalam negeri Sediq Sediqqi mengatakan dalam konferensi bahwa anak usia 6 sampai 11 telah diselamatkan pada tanggal 15 Februari dari cengkeraman empat pemberontak di bagian Timur Propinsi Kunar.

Dia mengatakan kepada AFP bahwa keluarga mereka “yang tertipu oleh teroris”, yang berjanji untuk mengirim mereka ke madrasah-madrasah di Pakistan di mana mereka akan “dicuci otak” dan “disiapkan untuk bom bunuh diri terhadap pasukan Afganistan dan internasional di Afganistan”.

Polisi menangkap empat tersangka dan anak-anak dikembalikan ke keluarga mereka, kata jurubicara itu.

Pemerintah Afganistan menuduh madrasah di Pakistan mengajarkan ekstremisme kekerasan dan mensponsori kekerasan.

Pada tanggal 12 Februari, pemerintah Afganistan mengumumkan penangkapan dua anak berusia 10 tahun calon pelaku bom bunuh diri yang diduga direncanakan untuk menyerang pasukan Afganistan dan internasional di Propinsi Selatan Kandahar, tempat kelahiran Taliban.

Mereka dilaporkan telah dibebaskanada bulan Agustus lalu, bersama dengan 18 anak-anak lain, setelah menerima pengampunan dari Presiden Afganistan Hamid Karzai.

Taliban, yang memimpin pemberontakan 10 tahun terhadap pemerintah Karzai dan 130.000 pasukan pimpinan Amerika asing, dilaporkan telah menggunakan anak-anak dan remaja untuk melakukan serangan terhadap pasukan keamanan.

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: