MENANGKIS MISIONARIS ISLAM

Oleh Michael Anbar

Di kampus-kampus AS, siswa-siswa Yahudi selalu ditantang oleh siswa-siswa Muslim tentang Israel dan kebijaksanaannya terhadap Muslim. Saya sering berdebat dengan akademisi Muslim tentang masalah-masalah ini dan melemparkan banyak pertanyaan. Pertanyaan itu menunjukkan bawha Islam tidak cocok dengan budaya kami.

Ketimbang membela sikap dan kelakuan Israel, para siswa Yahudi seharusnya menantang dasar-dasar Islam. Para Muslim yang menghadiri Universitas untuk belajar atau mengajar harus ditunjukkan bahwa pembelaan terhadap dogma-dogma Islam tradisional tanpa rela menerima kritik membuat mereka antagonis terhadap budaya yang ingin mereka pelajari dan mengerti. Mereka harus disadarkan bahwa serangan terhadap Yudaisme dan Zionisme menunjukkan kelemahan dalam Islam dogmatik.

Muslimin dalam akademi-akademi Barat harus menghentikan kegiatan misionaris Islam dogmatik jika mereka ingin menjadi bagian dari budaya kita yang non-dogmatik. Jika mereka kesini hanya untuk belajar teknik-teknik menghancurkan peradaban Barat ketimbang integrasi, mereka sebaiknya tidak diijinkan masuk. Singkatnya, Muslimin di kampus harus ditantang ketimbang dibiarkan menyerang nilai-nilai Barat, mahasiswa Yahudi dan fakultas yang tidak setuju dengan dogma mereka.

Ini beberapa pertanyaan saya kepada mereka:

* Apakah anda siap mengakui bahwa Islam tidak superior terhadap agama lain? Apakah anda mengakui bahwa ancaman mati terhadap Muslim yang murtad, atau mereka yang tidak percaya kepada semua prinisp-prinsip Islam, adalah salah besar?

* Apakah anda siap menerima dari permulaan, Yudaisme dan Kristen sangat mempengaruhi Islam dan oleh karena itu aneh kalau lalu dibenci Muslimin? Ini seperti pepatah: “JANGAN MELUDAH DALAM SUMUR, SUMBER AIR MINUM-MU“, bukan?

* Apakah sungguh tidak masuk akal untuk menyebut para Nabi Ibrahim, Musa, Raja Daud, Yesus dan lainnya yang hidup ratusan bahkan ribuan tahun sebelum Qur’an sebagai MUSLIM? Apa definisi anda bagi seorang Muslim?

* Anda siap untuk mengakui bahwa kaum Yahudi memiliki sejarah 3000 tahun, yang terdokumentasi secara jelas, selain Injil? Apakah anda sadar bahwa sejarah Yahudi 2 kali lebih panjang dari sejarah Islam yang cuma 1400 tahun? Selebihnya, apakah anda bersedia mengakui bahwa Tanah Israel adalah tanah Yahudi dan tempat lahirnya agama Kristen?

* Anda siap mengakui bahwa Islam tidak boleh menghancurkan tempat-tempat ibadah agama lain dan mengubahnya menjadi Masjid? Penghancuran Sinagoga di Jalur Gaza adalah contoh terakhir kelakuan macam itu. Di masa lalu Yudaisme dan Kristen mungkin memang tidak selalu berkelakuan baik, tetapi secara terbuka menyatakan kesalahan mereka dan membetulkannya sebisa mugnkin. Apakah anda setuju jika Muslim sekarang mengambil langkah yang sama?

* Apakah anda siap untuk mengakui bahwa “JIHAD” adalah perang suci yang mewajibkan Muslim untuk membunuh non-Muslim? Anda pernah mendengar tentang seruan pembunuhan oleh Yasser Arafat dan Ahmed Yassin, Hassan Nasrallah, Omar Abdel-Rahman, Yusuf al-Qaradawi, Saddam Hussein dan Osama bin Laden?

* Apakah anda mendukung pengajaran anak-anak muda di madrasah di Arab Saudi, Pakistan, Afganistan dan Palestina, untuk membenci non-Muslim, Yahudi dan khususnya orang Amerika dan siap untuk mati guna memenuhi kewajiban suci untuk membunuh Kafir? Mengingat Muslim dari negara manapun sampai rela bunuh diri untuk memenuhi kewajiban ini, apakah anda setuju bahwa perang suci adalah hal yang amat nyata dan bukan sekedar retorik?

* Apakah anda setuju bahwa Qur’an mengijinkan Muslim untuk membohongi non-Muslim dan Muslim boleh melanggar perjanjian bilateral dengan non-Muslim? Selain melanggar setiap perjanjian yang dibuat Arafat dengan rakyat Yahudi, didepan rakyat Barat Arafat bisa-bisanya mengecam kekerasan sambil mendukung dan merayakannya dengan rakyatnya. Mahmoud Abbas nampaknya juga mengikuti contoh jalan tipuan ini saat ia tidak menghindari penghancuran Sinagoga yang ditinggalkan di Gaza. Apakah anda siap untuk mengecam tindakan penipuan macam itu didepan Muslim lainnya?

* Apakah anda membenarkan pembunuhan penduduk tidak bersalah baik Yahudi-Kristen, Hindu, Bahai, Buddhis, Shinto, dan lainnya atau bahkan Syi’ah atau Sufi, hanya karena mereka bukan Muslim atau bukan dari sekte Muslim yang benar? Apakah kalian menganggapnya tindakan bela diri? Atau jika anda keberatan terhadap tindakan biadab itu, apa yang akan anda lakukan untuk menghindarinya?

* Anda setuju bahwa guna menghindari konflik berdarah antara Barat dan dunia Islam, Islam harus direformasi dulu? Anda setuju bahwa reformasi harus secara kategoris termasuk pelarangan perang suci oleh para petinggi atau pemipin politik Islam? Anda merasa perlunya ada reformasi yang memberikan non-Muslim hak penuh termasuk dalam kebebasan memilih dan menjalangkan agama di negara-negara Islam? Anda setuju bahwa reformasi fundamental ini harus dimulai dari dalam Islam? Anda siap mengambil bagian dalam reformasi macam ini?

Tujuan saya bukan konfrontasi. Namun sebuah pendekatan gaya Socrates untuk mendorong Muslim intelektual untuk berpikir.

Namun Muslim rata-rata tidak akan menantang Islam militan karena Islam mewajibkan kepatuhan (konformisme). Islam menuntut konformisme TOTAL yang setiap pelanggarannya diancam dengan hukuman mati, karena itu Muslim rata-rata tidak pernah akan menantang naskah suci mereka.

Seharusnya para Muslim intelektual yang belajar dan mengajar dalam sekolah-sekolah dan Universitas-universitas kami, harus berani menantang dogma-dogma Islam tersebut. Mungkin ini akan memakan waktu berpuluh-puluh tahun atau bahkan berabad-abad sebelum reformasi radikal Islam bisa terjadi. Dan reformasi ini harus mencakup toleransi beragama sehingga dapat mengakhiri bentrokan peradaban. Kalau tidak, ini akan berlarut-larut dan berkepanjangan.

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: