MENAG TEGASKAN SYIAH BERTENTANGAN DENGAN ISLAM

JAKARTA–MICOM: Menteri Agama Suryadharma Ali menegaskan bahwa aliran Syi’ah bertentangan dengan ajaran Islam. Pernyataan tersebut berdasarkan keputusan Kementerian Agama dan MUI yang menyatakan bahwa Syi’ah bukanlah Islam.

Suryadharma menjadikan beberapa keputusan dalam mengambil keputusan tersebut. Salah satunya adalah hasil Rakernas MUI pada 7 Maret 1984 di Jakarta yang merekomendasikan umat Islam Indonesia agar waspada terhadap menyusupnya paham Syi’ah dengan perbedaan pokok dari ajaran Ahli Sunna Waljamaah.

Kementerian Agama RI juga pernah mengeluarkan surat edaran no D/BA.01/4865/1983 pada 5 Desember 1983 tentang golongan Syi’ah dan menyatakan bahwa Syi’ah tidak sesuai dan bahkan bertentang dengan ajaran Islam.

“Atas dasar itu, Majelis Mujahidin Indonesia menyatakan bahwa Syi’ah bukan dari golongan Islam. Siapa saja yang menganggap Syi’ah tidak sesat berarti dia sesat,” kata Menag dalam siaran persnya, Rabu (25/1).

Suryadharma mengatakan setelah membuka dokumen-dokumen tersebut dirinya menemukan bahwa Syi’ah bukan Islam dan itulah yang menjadikan landasan pemerintah terkait kehadiran Syi’ah di Indonesia.

Sementara itu, langkah yang akan ditempuh untuk menyelesaikan masalah Syi’ah tersebut menurut Menag adalah dengan cara duduk bersama dan membicarakan secara musyawarah.

“Ya harus duduk bersama-sama. karena masing-masing punya alasan. Mungkin saya harus menimbang-nimbang dahulu dari ulama, baru saya memutuskan. Sejauh ini, saya masih berpegang kepada keputusan menag yang lalu,” tuturnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: